70 Persen Lulusan SMA/SMK Tak Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi

  • Post By editor, 31 Agust 2015 - 08:55:00 wib

MEDAN | DNA - Menurut data Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, angka partisipasi kasar perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2014 masih berada di kisaran angka 30 persen. Hal ini menunjukkan, sekira 70 persen lulusan SMA/SMK di Indonesia tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Salah satu faktor yang mempengaruhi hal itu disebabkan persoalan ekonomi. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, pada tahun 2014 dari 7,24 juta angka pengangguran di Indonesia, sebanyak 3,35 juta (45,5 persen) di antaranya adalah lulusan Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan.

‘’Kedua data ini menunjukkan, akses terhadap pendidikan tinggi masih merupakan tantangan bagi dunia pendidikan Indonesia,” kata   Sihol Aritonang,di ruang Sidang Senat Akademik gedung BPA USU.

Hadir dalam acara ini Wakil Rektor III USU, Drs. Raja Bongsu, MSi, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian USU Dra. Hindun Pasaribu, HRD Asian Agri Maryadi, beberapa rombongan mahasiswa dari Universitas Indonesia dan para mahasiswa USU sebagai penerima Beasiswa.(dna/USU)

 

You May Also Like