Bekas Uskup Agung Tersangka Pedofilia Meninggal Dunia

  • Post By editor, 29 Agust 2015 - 00:55:00 wib

VATIKAN | DNA - Bekas uskup agung Polandia dan duta besar Vatikan untuk Republik Dominika, Josef Wesolowski meninggal dunia tadi malam (27/08).Menurut keterangan dari Vatikan, bekas uskup ini, 67 tahun, meninggal secara wajar.

Wesolowski sedianya diadili untuk kejahatan seksual yang dilakukannya terhadap anak-anak Dominika selagi menjabat sebagai duta besar di sana pada tahun 2008 sampai 2013.

Menurut kantor berita Reuters, tuduhan terhadap Wesolowski mencakup tindakannya membayar anak laki-laki untuk melakukan tindakan seksual serta mengunduh dan membli materi pornografi anak-anak -pedofilia- dan melanggar nilai-nilai kekristenan.

Namun pada hari saat pengadilan seharusnya dijalankan untuknya, 11 Juli 2015, ia sakit dan dibawa ke rumah sakit.Andai dinyatakan bersalah, Wesolowski bisa dijatuhi hukuman antara 6-10 tahun penjara.

Pengadilan terhadap Wesolowski ini merupakanyang pertama terhadap pejabat gereja di bawah sistem pengadilan Vatikan yang dibentuk oleh Paus Fransiskus sebagai tanggapan terhadap luasnya tuduhan pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh pendeta dan pejabat gereja.(dna/bbc)

 

You May Also Like