6 WNI dan 5 WNA Tujuan Malaysia Diamankan di Perairan Asahan

  • Post By editor, 14 Nov 2017 - 13:14:30 wib

Kisaran,- Polres Asahan kembali melakukan penangkapan 2 buah Bot sampan yang didalamnya terdapat 11 orang warga negara indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang rencananya akan dibawa ke Malaysia.

Saat dikonfirmasi Tribratasumutnews Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, SIK, M.Si., mengatakan, Penangkapan dilakukan ditengah perairan di Kwala Bagan Asahan dan mengamankan 2 unit Bot sampan yang didalamnya terdapat 11 orang. Senin (13/11/2017) sekira pukul 16.00 Wib.

Penangkapan berawal pada saat personil Pos Apung Bagan Asahan melakukan patroli laut menggunakan kapal, dan menemukan 1 unit Bot sampan yang penumpangnya mencurigakan, kemudian Bot  sampan dibawa ke Pos Apung.
“Setelah dilakukan interogasi di Pos Apung, diketahui penumpang sampan tersebut terdiri dari laki-laki dan perempuan dewasa yang berjumlah sebanyak 6 orang dan benar tujuan mereka akan berangkat ke Malaysia” Jelas AKBP Kobul

Adapun identitas 6 orang tersebut Muhammad Tahir (31) dan Heffa Linur (24) sama-sama warga Jl. Marapalam Kel. Kapuh Kec. Koto XI Tarusan Prop. Sumbar, Dalin Ginting (21) warga Jl. Bajak V No. 48 Medan, Roy Amri (22) warga Jl. Pertahanan Dsn I No. 35 Patumbak Kab. Deli Serdang, Unus (18) warga desa Labuhan Ruku Kec. Talawi Kab. Batu Bara, dan Muhammad Kadafi (28) warga Bireun Bayeum Aceh Timur.

Kapolres Asahan menambahkan, namun kapal yang membawa mereka saat ini rusak, sudah 2 hari di tengah laut dan berupaya menumpang kapal lain untuk pulang ke Tanjung Balai, Mereka juga mengatakan bot yang ditumpangi dalam keadaan rusak dan ditambatkan di Sei Ular.

Selanjutnya personil Pos Bagan Asahan berangkat menuju ke Sei Ular utk mengecek kapal yang diinformasikan dalam keadaan rusak. Sesampainya di TKP benar bot dalam keadaan rusak/berhenti dan kembali ditemukan dalam bot tersebut ada 4 orang warga negara Sri Lanka, 1 org warga negara Nepal dan 1 org Pengurus bot.
Adapun identitas 4 orang tersebut Muhammad Kamal Als Meta Kamal (26) Warga Negara Nepal, Jeay Chathiran (44) Warga Negara Sri Lanka, Uthaya Kumar (36) Warga Negara Sri Lanka, Vimala Kanthn (32) Warga Negara Sri Lanka dan Ravin Thiran (26) Warga Negara Sri Lanka.

"Kini 2 buah Bot sampan dibawa ke Pos Apung untuk diamankan dan 11 orang WNI dan WNA tersebut  sudah diamankan di Pos Polisi Sub sektor Bagan Asahan untuk dilakukan proses penyidikan dan melakukan koordinasi dengan Imigrasi Kelas II a Tanjung Balai.” Jelas AKBP Kobul.(dna/mdn)

 

You May Also Like