MAD Kecamatan Teluk Mengkudu Sosialisasikan Program Inovasi Desa

  • Post By editor03, 14 Nov 2017 - 07:02:44 wib

Teluk Mengkudu, - Badan Kerjasama Antara Desa (BKAD) Kecamatan Teluk Mengkudu mengadakan Musyawarah Antar Desa (MAD) I dalam rangka sosialisasi Program Inovasi Desa (PID) di Aula Kantor Camat Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Senin (13/11/2017).

MAD dibuka oleh Camat Teluk Mengkudu, Muhammad Fahmi, S.STP, M.AP, didampingi Ketua BKAD Hariyono, Pendamping Desa Pemberdayaan Umi Salamah S.Pd.I, serta Sekcam Elinda Sitianur SE. Turut hadir Kabid UEM Dinas PMD diwakili Arif Lubis.

Camat Teluk Mengkudu dalam kata pembukanya menyampaikan kegiatan MAD ini sangat penting untuk membangun sinergitas antar Desa di Teluk Mengkudu, olehkarena itu hal ini harus terus dilakukan agar seluruh Desa memiliki visi yang sama dengan Pemerintah Kecamatan untuk membangun Teluk Mengkudu ke depannya agar lebih baik lagi.

Arif Lubis mewakili Kabid UEM mengatakan bahwa Dinas akan membangun sinergitas dengan seluruh Desa se Kabupaten Sergai terutama dalam peningkatan Usaha Ekonomi Mikro (UEM). PMD akan terus melakukan sosialisasi ke seluruh Desa dengan berbagai program yang sudah dicanangkan Kementrian Desa sehingga informasi - informasi dapat tersalurkan ke Desa terutama Program Inovasi Desa ini.

Sementara itu Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Kecamatan Teluk Mengkudu, Umi Salamah S.Pd.I yang memfasilitasi kegiatan tersebut dalam pemaparannya tentang Program Inovasi Desa (PID) menyampaikan kegiatan tersebut akan dilakukan di Kecamatan Teluk Mengkudu selama 2 bulan. Program Inovasi Desa ini merupakan program baru dari Kementrian Desa PDTT, bertujuan untuk mencari inovasi Desa non teknologi yang akan dijadikan bursa di Kabupaten nantinya.

Untuk awal program akan dijalankan hanya dua bulan dari November hingga Desember, langsung dihandle oleh BKAD sebagai Tim PID dengan anggota sebanyak 7 orang melalui proses verifikasi perwakilan masing - masing Desa. Sementara untuk dana yang dialokasikan dari Kementrian untuk program ini senilai 51 juta yang digunakan untuk kegiatan verifikasi Inovasi di Teluk Mengkudu.

Pada kesempatan itu Ketua BKAD Hariyono, menyambut baik kegiatan PID yang akan dilaksanakan di Kecamatan Teluk Mengkudu. Dirinya berharap kiranya seluruh Desa dapat bekerjasama dengan Tim inovasi yang dibentuk oleh BKAD dalam mengidentifikasi potensi di Desa nantinya, sehingga semua potensi Desa yang ada dapat dijangkau untuk dimunculkan sebagai potensi inovasi Desa yang unik di Kecamatan Teluk Mengkudu, tutupnnya.(dna/sb)

 

You May Also Like