Hakim Tipikor Peringatkan Bupati Tobasa nonaktif Kasmin Simanjuntak

  • Post By editor01, 06 Agust 2015 - 22:02:00 wib

MEDAN | DNA - Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Parlindungan Sinaga memberikan batas waktu hingga Selasa (11/08/2015), kepada Bupati Tobasa nonaktif Pandapotan Kasmin Simanjuntak (PKS) untuk menghadiri persidangan tindak pidana proyek pembebasan lahan untuk lokasi pembangunan akses jalan dan basecamp PLTA Asahan III, senilai Rp 4.4 Milliar dari anggaran APBN 2010-2011.

Pertimbangan ini disampaikan majelis hakim, setelah mendengarkan permohonan Luhut Simanjuntak selaku penasehat hukum yang mengajukan permohonan agar persidangan dengan agenda mendengarkan putusan majelis yang berlangsung di cakra I Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Medan, Kamis (06/08/2015).

Majelis hakim memberikan batas waktu sampai Selasa (11/08/2015), dan meminta jaksa menghadirkan Kasmin dalam persidangan. Apabila terdakwa tetap tidak hadir dengan alasan apapun, maka majelis hakim tetap membacakan putusan kepada Bupati nonaktif, Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Mendengar penegasan dari majelis hakim, penasehat hukum pun sepakat apabila terdakwa tetap tidak hadir maka pihaknya bersedia mendengarkan putusan majelis hakim. Karena menurut Luhut pihaknya telah berkordinasi dengan terdakwa.

Dari pantauan wartawan, sebelum sidang berakhir salahsatu anggota hakim tipikor Ahmad Drajat yang menyidangkan kasus tersebut keluar meninggalkan ruang sidang. Adapun alasan yang disampaikan hakim anggota tersebut dikarenakan terdakwa masih bisa dihadirkan dalam persidangan.

Bahkan, ia mencontohkan sejumlah sidang yang tetap bisa menghadirkan terdakwa meski dalam kondisi diinfus tetap hadir dalam persidangan. Meski demikian, ketua majelis hakim tipikor tetap mengetuk palu pertanda sidang berakhir.

Penundaan ini bukan untuk yang pertama akan tetapi sudah untuk yang kedua kalinya. Sebab pada persidangan sebelumnya juga tertunda dikarenakan sakit prostat yang dialami Kasmin Simanjuntak dan harus menjalani perawatan medis di RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Untuk kasus ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Polim Siregar menuntut Bupati Toba Samosir (Tobasa) non aktif, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, selama tiga tahun penjara denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan. (dna|ams)

 

You May Also Like