Pengurus Daerah dan Cabang GAMI Serdang Bedagai Periode 2015 - 2020 Dilantik

  • Post By editor01, 06 Agust 2015 - 17:52:00 wib

PEGAJAHAN | DNA -  Pengurus Daerah Gerakan Angkatan Muda Melayu Indonesia (PD-GAMI) Kabupaten Sergai Periode 2015 - 2020 resmi dilantik, Rabu (5/8/2015) di Replika Istana Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan.

Pelantikan PD. GAMI Sergai dipimpin oleh Presiden PB.GAMI OK. Arya Zulkarnain, SH, MM yang turut dihadiri oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Pangkostrad Mayjen TNI Edi Ramayadi, Dandim 0204/DS Letkol. Hanryan Indrawira, Presiden Pengurus Besar (PB) GAMI OK. Arya Zulkarnain, SH, MM, Anggota DPD RI Dedi Iskandar, S.Sos, Wakapolres Sergai Kompol Ricky Kertapati, Sekdakab Drs H. Haris Fadillah, M.Si, Anggota DPRD Sergai, Ketua KPUD Muhammad Sofian, Ketua MUI H. Luckman Yahya, Ketua Himasdat Sergai, para Kepala SKPD, Camat Pegajahan, etnis melayu dari berbagai daerah se-Sergai.

Usai melantik 170 orang Pengurus GAMI Periode 2015 - 2020, Presiden PB. GAMI, OK. Arya Zulkarnain, SH, MM dalam sambutannya mengatakan GAMI harus bisa dan siap untuk mengembangkan potensi seni budayanya di daerah masing-masing. Oleh karenanya kedepannya GAMI harus lebih baik lagi, harus berprestasi sehingga membuat bangga bagi masyarakat Melayu.

"Jangan malu untuk mengakui bahwa kita orang melayu, tunjukkan jatidiri bahwa melayu dapat berdiri bersama etnis lain dan bisa menjadi penopang pembangunan", terangnya.

Sementara itu Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahasa maupun seni budaya Melayu harus terus dilestarikan agar eksistensinya tetap terpelihara, dikembangkan serta mempunyai manfaat untuk kepentingan pencerdasan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan tujuan agar tidak terkikis oleh perkembangan zaman.

Adat budaya Melayu selalu ada kaitannya dengan budaya Indonesia secara keseluruhan karena mempunyai potensi seni yang begitu besar, plural dan memiliki akar ditengah-tengah kehidupan masyarakat sebagai pemersatu bangsa dan mengikat persaudaraan sehingga menjadi salah satu alat untuk mempercepat pembangunan daerah.

Kabupaten Sergai yang merupakan daerah Melayu diharapkan “bagi generasi muda maupun para seniornya untuk menjadikan Replika ini sebagai kampung seni dalam mengaktualisasikan berbagai macam seni dan budaya yang ada khususnya etnis Melayu”.

Kepada PD-GAMI yang baru dilantik dihimbau dapat mensosialisasikan budaya sekaligus bekerja sama dengan Dinas terkait untuk membangun dan melestarikan Replika Istana Sultan Serdang ini serta mendukung program pemerintahan.tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Pangkostrad Mayjen TNI Edi Ramayadi menyampaikan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, Sergai yang merupakan kampung Melayu harus bisa saling kompak, bersatu dan saling mendukung dalam memajukan Kabupaten ini. Terlebih lagi Bupatinya meskipun bersuku Jawa akan tetapi bisa berjaya sekaligus merangkul masyarakat  kampung Melayu.

Sebelumnya Ketua Panitia pelaksana Zuhari Melaporkan PD. GAMI Sergai yang dilantik berjumlah 134 orang dan Pengurus Cabang (PC) GAMI Kecamatan sebanyak 170 orang. Terlaksananya kegiatan ini berkat kerja keras dan kebersamaan seluruh pengurus GAMI serta partisipasi dan arahan maupun bantuan dari Sekdakab Sergai Haris Fadillah.

"Terima Kasih atas pertisipasi semua pihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan Pelantikan PD. GAMI, baik sesama panitia yang solid juga bantuan dari berbagai pihak yang sangat membantu acara ini sampai selesai dan sukses" pungkasnya.

Kegiatan Pelantikan Pengurus Kabupaten juga dirangkai dengan Pelantikan Pengurus Cabang Kecamatan sebanyak 10 Kecamatan serta Seminar Budaya Melayu digelar sebelumya yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang diwakili Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si dengan mengusung thema "Pelestarian warisan budaya Melayu kabupaten Sergai”.(nov|sb)

 

You May Also Like