Melawat ke Asia, Kenapa Trump Tak ke Indonesia ?

  • Post By editor, 09 Nov 2017 - 05:56:02 wib

Jakarta,-Lawatan perdana Presiden Amerika Serikat Donald Trump ke kawasan Asia mencakup sejumlah negara yang selama ini menjadi sekutu tradisionalnya, termasuk Jepang dan Korea Selatan, dan negara saingan AS, Cina.

Berbeda dengan mantan Presiden Obama yang baru melakukan lawatan ke Vietnam menjelang akhir jabatannya pada tahun 2016, Presiden Trump memasukkan Vietnam ke dalam daftar negara-negara pertama di Asia yang dikunjungi.

Di negara itu, ia akan menghadiri KTT APEC di Da Nang dan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Tran Dai Quang di Hanoi.Namun Trump tidak mampir ke Indonesia dalam lawatan selama sekitar dua minggu ini.

Alasannya, kata Direktur Pusat Kajian Wilayah Amerika, Universitas Indonesia, Suzie Sudarman, terkait erat dengan rencana Amerika di Laut Cina Selatan.

"Yang diutamakan oleh Trump sebetulnya pengamanan di Laut Cina Selatan. Laut Cina Selatan akan didefinisikan oleh Amerika sebagai kawasan Indo-Pasifik. Untuk memastikan bahwa Indo-Pasifik bisa terwujud, dia lebih mengutamakan kedekatannya dengan Vietnam karena Vietnam benar-benar anti-Cina," jelas Suzie Sudarman.

"Sedangkan Indonesia masih diragukan apakah Indonesia akan meminta bantuan banyak dari Cina dan demikian masih diragukan kesetiaanya kepada konsep Indo-Pasifik atau sebaiknya mendekati kalangan yang lebih simpatik dengan kawasan yang akan memusuhi sedikit," tambahnya.

Kendati demikian, Indonesia dan Amerika Serikat mempunyai berbagai kerja sama straregis sehingga seharusnya Trump juga mengunjungi Indonesia, menurut anggota Komisi I DPR yang membidangi hubungan luar negeri, Charles Honoris.

"Tentunya kami sangat menyayangkan tidak mampirnya Presiden Trump ke Indonesia dalam kunjungannya ke Asia, apalagi kami merasa sebetulnya kita punya hubungan kerja sama yang cukup baik dan kita menganggap Amerika sebagai mitra strategis dalam berbagai hal.

"Misalnya, perdagangan, pemberantasan tindak pidana, termasuk terorisme dan lain sebagainya sehingga buat saya, memang agak mengecewakan ketika Donald Trump datang ke Asia dan tidak mampir ke Indonesia," kata Charles Honoris.(dna/bbc)

 

You May Also Like