Akhirnya Intel Rilis Prosesor Skylake Terbaru Mereka

  • Post By editor, 06 Agust 2015 - 11:55:00 wib

Sekitar setahun yang lalu, Intel mengumumkan bahwa mereka akan merilis jajaran prosesor terbaru mereka dengan kode penamaan “Skylake”. Namun, penantian tersebut akhirnya terbayar sudah, prosesor terbaru mereka akhirnya menampakkan diri di hadapan publik dan siap diuji ketangguhannya.


Namun, pada peluncuran untuk saat ini, Intel hanya merilis 2 seri untuk untuk lini prosesor terbaru mereka, yaitu Intel Core i7 6700K dan Intel Core i5 6600K. Berbeda dengan generasi sebelumnya, yang mana Intel selalu memamerkan lebih dari 2 jajaran prosesor yang mereka rilis.

Ada yang berbeda pada kemasan kali ini, Intel yang biasanya dominan warna biru pada box prosesor mereka, kini tampil lebih berwarna.

Prosesor terbaru Intel ini memberikan fitur baru seperti, dukungan RAM DDR4 dan DDR3L, fabrikasi dengan asitektur 14nm yang semakin hemat daya namun tetap memberikan performa yang menjanjikan dari generasi sebelumnya.

Untuk spesifikasi sendiri, Intel Core i7 6700K ini memiliki kecepatan bawaan 4GHz dan dapat mencapai sampai 4.2GHz dalam posisi single core dan cache 8MB, sedangkan Intel i5 Core 6600K ini hanya selisih 500Mhz dari seniornya, yaitu sebesar 3.5GHz dan dapat mencapai 3.9GHz saat berjalan single core dengan cache 6MB.

Namun ada hal yang harus diperhatikan bahwa prosesor ini menggunakan soket yang sama sekali berbeda dengan generasi sebelumnya, Haswell.

Kali ini, Intel menggunakan soket 1151 untuk prosesor terbaru mereka. Kedua prosesor terbaru teresebut dapat dibanderol sekitar 350 USD untuk Intel Core i7 6700K dan 243 USD untuk Intel Core i5 6600K.

Selain itu, dengan embel-embel “K” di belakang seri prosesor Intel, dimaksudkan agar para pengguna ini dapat menggeber kecepatan prosesor ini di atas batas wajar.

Namun hal tersebut biasanya diperuntukan bagi kalangan gamer dan kalangan entusias yang gemar melakukan overclocking demi mendapatkan performa yang lebih menjanjikan.

Selain harus menggunakan pendingin yang mumpuni, diperlukan juga pengetahuan untuk melakukan overclocking agar nantinya prosesor tersebut tidak mengalami panas berlebih bahkan sampai merusaknya.

Untuk jajaran prosesor terbaru Intel ini masih belum ditemukan untuk seri notebook. Intel sendiri mengatakan bahwa prosesor generasi ke-6 mereka dalam waktu dekat akan menyambangi notebook di penghujung tahun ini.

Bahkan Intel sendiri mengatakan akan mengeluarkan prosesor dengan embel-embel “K” nya ke kalangan notebook. Suatu terobosan baru bagi Intel yang sebelumnya tidak pernah memproduksi prosesor dengan embel-embel “K” ke pasar notebook.(dna/Liliputing)

 

You May Also Like