Inilah Info yang Salah Tentang Kanker

  • Post By editor, 31 Okt 2017 - 06:01:10 wib

Sebuah badan amal kanker menunjuk seorang suster untuk melawan "berita bohong" tentang kanker di internet, yang membuat pasien "ketakutan dan berisiko melakukan perawatan palsu".

Menurut badan amal Macmillan Cancer Support, dua per lima penderita kanker mencari informasi mengenai diagnosis di internet.Satu dari delapan mencari di internet karena tidak benar-benar mengerti apa yang dikatakan oleh dokter.

Seorang suster asal Glasglow, Ellen McPake, suster digital yang ditunjuk, mengatakan bahwa dia ingin mengoreksi informasi salah yang beredar.

Inilah sebagian informasi yang salah itu:

Sodium bikarbonat dapat mengobati kanker

"Sebagian orang berpikir meminum atau menginfus sodium bikarbonat dapat menyembuhkan kanker. Tidak ada bukti yang mendukung itu," katanya.

Ellen mengatakan orang-orang melaporkan pernah mencoba zat itu karena tampak tidak sekeras kemoterapi atau radioterapi."Untuk sebagian orang itu dapat berbahaya - dapat mempengaruhi ginjal mereka dan membuat mereka merasa sakit," katanya.

Gula menyebabkan kanker

Ellen mengatakan sebagian pasien salah mengira bahwa gula menyebabkan kanker. Meski kegemukan dikaitkan dengan kanker, konsumsi gula tidak meningkatkan risiko kanker.

Mayo Clinic menuliskan, "Gula tidak menyebabkan sel kanker berkembang lebih cepat. Semua sel, termasuk sel kanker, tergantung pada gula darah (glukosa) untuk energi. Namun memberikan lebih banyak gula ke sel kanker tidak akan mempercepat pertumbuhannya."

Ellen menemui banyak pasien yang berusaha menghilangkan gula berdasarkan keyakinan yang salah. "Tidak mungkin Anda bisa menghilangkan gula dari diet sepenuhnya," katanya.

Vitamin C menyembuhkan kanker

Ellen mengatakan, "Saya pernah ditelepon oleh sepasang pasien yang pernah pergi ke sebuah klinik dan membayar mahal pengobatan dengan vitamin C, yang dikatakan dapat mengobati kanker."

Perjalanan ke klinik di luar negeri itu menghabiskan tabungan mereka tanpa manfaat apapun.

"Yang pria sangat kesal. Dia berharap dia menggunakan tabungan mereka untuk kualitas hidup yang lebih baik. Dan keputusan itu tinggal dengan mereka selamanya," katanya.

Hanya orang tua yang terkena kanker

Ellen mengatakan ada kepercayaan bahwa hanya orang yang berusia lanjut yang dapat terkena kanker "karena lebih sering terjadi saat orang semakin tua".

Nyatanya, setengah dari kasus kanker di Inggris setiap tahun didiagnosa pada orang yang berusa 70 atau lebih. Ini karena seiring dengan waktu, sel-sel tubuh kita menjadi rusak dan kerusakan ini dapat menumpuk dan menyebabkan kanker.

Namun di beberapa tahun terakhir, orang muda lah yang secara jumlah meningkat pesat terkena kanker.

Hiu tidak dapat terkena kanker

Ellen mengatakan para pasien berpikir bahwa hiu tidak dapat terkena kanker sehingga tulang rawan mereka dapat digunakan untuk melawan atau mengobati kanker.

Mitos ini berkembang pada tahun 1970-an, saat para peneliti di Florida memberikan dosis karsinogen (zat penyebab kanker) yang tinggi ke hiu dan tidak menemukan tumor.

Namun dalam sejumlah penelitian, tidak ditemukan bukti bahwa tulang rawan dapat bekerja untuk merawat kanker - bahkan tidak pula pada tikus.

Dan pada 2010, ditemukan bahwa hiu justru dapat terkena kanker setelah seekor hiu perawat di Kebun Binatang Indianapolis menderita melanoma (kanker kulit).

Enema kopi membantu pengobatan kanker

Ellen mengatakan, "Enema kopi sempat populer sebentar. Situs-situs memasang iklan bahwa enema bisa memperbaiki pergerakan usus dan itu akan menyembuhkan kanker."

Nyatanya, Cancer Research UK menulis, "Enema kopi telah dikaitkan dengan infeksi serius, dehidrasi, konstipasi, colitis (radang usus besar), dan ketidakseimbangan elektrolit yang berbahaya atau bahkan kematian."

Ellen mengatakan mitos itu mendorong banyak orang pergi ke tempat yang jauh untuk klinik khusus yang "menghabiskan banyak sekali uang".

Kanker adalah penyakit modern

"Ada ide yang mengatakan bahwa itu adalah penyakit modern buatan manusia," kata Ellen. "Tapi tidak - itu telah ditemukan di mumi-mumi Mesir."

Salah satu mumi, 2.250 tahun lalu, memiliki kanker prostat, sementara itu jari kaki purba berumur 1,7 juta tahun dari Afrika Selatan diketahui memiliki kanker tulang yang agresif.(dna/bbc)

 

You May Also Like