Wow...!, Tes Sidik Jari Akan Mendeteksi Kondom Anda

  • Post By editor, 12 Okt 2017 - 06:21:45 wib

Teknologi terbaru pemeriksaan terhadap sidik jari bisa mengungkapkan kondom apa yang digunakan pelaku kejahatan.Dengan teknologi spektometri massa, sebuah sidik jari bisa mengungkapkan begitu banyak informasi tentang pemiliknya.

"Teknologi ini akan sangat berguna dalam memecahkan kasus-kasus kejahatan pelik yang menjadi perhatian, seperti pembunuhan atau pemerkosaan. Teknologi ini sangat canggih dan mahal, tapi layak untuk diterapkan," kata kepala proyek ini, Dr Simona Francese.

Suatu sidik jari, kata Dr Francese, memuat banyak informasi jika digali dengan teknik spektometri massa. Antara lain jenis kelamin, makanan dan minuman yang dikonsumsi, pemakaian alkohol atau obat-obatan, minyak rambut atau kosmetika yang dipakai si pemilik sidik jari, bahkan kondom yang digunakan."Sidik jari terkait keringat, dan keringat adalah matriks biologis," kata Francese.

"Keringat tak hanya mengandung molekul dari tubuh Anda, tetapi juga molekul-molekul yang baru Anda sentuh. Informasi yang terkandung sangat besar," imbuh dia.

Dengan mencocokkan informasi-informasi tambahan itu dengan bahan-bahan dan bukti penyelidikan, diharapkan polisi dapat menetapkan tersangka kejahatan lebih tepat. Bahkan juga termasuk terhadap pelaku yang sidik jarinya belum ada dalam database kepolisian.

Para peneliti dari Universitas Sheffield Hallam sudah bekerja bersama Kepolisian Yorkshire Barat sejak 2012. Departemen Dalam Negeri Inggris menginvestasikan sekitar Rp1,5 miliar untuk proyek tersebut.

Peneliti senior Stephen Bleay dari Centre for Applied Science and Technology berencana membagikan cetak biru hasil penelitian ke semua kepolisian di Inggris.

"Saya kira ini akan menjawab semua pertanyaan tentang apa saja bukti yang bisa dihadirkan di pengadilan," katanya."Dalam beberapa bulan, teknologi ini akan bisa digunakan."(dna/bbc)

 

You May Also Like