Jaga Stabilitas dan Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah dan BI Perkuat Koordinasi

  • Post By editor, 05 Agust 2015 - 12:10:00 wib

MEDAN | DNA - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) terus memperkuat koordinasi untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi, melalui Round Table Policy Dialogue. Dialog ini merupakan pertemuan rutin yang diadakan di level teknis dan juga di level pimpinan lembaga.


Perekonomian Indonesia saat ini menghadapi tantangan dari sisi eksternal dan domestik. Dari eksternal bersumber dari pertumbuhan ekonomi global yang lebih melambat dibandingkan prakiraan, harga komoditas ekspor yang masih terus menurun, serta potensi gejolak di pasar keuangan global yang masih tinggi.

Sementara itu, dari domestik, tantangan bersumber dari realisasi stimulus fiskal yang masih belum secepat perkiraan  dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, volatilitas pasar keuangan domestik yang cukup tinggi, serta beberapa kendala struktural lainnya yang masih mengemuka.

Menghadapi kondisi tersebut, Gubernur BI menyampaikan bahwa diperlukan koordinasi kebijakan melalui bauran kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan reformasi struktural. “Hal tersebut untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Menko Perekononian juga menekankan perlunya koordinasi dan kebijakan yg saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan. Di samping pertemuan formal, ia juga mendorong intensitas pertemuan informal. “Forum komunikasi informal juga akan intens dilakukan sehingga tidak ada salah persepsi ataupun gap informasi antara BI dan pemerintah,” katanya.

Dari informasi yang dilansir melalui laman BI, rapat koordinasi tersebut menyepakati bahwa, di tengah berbagai tantangan tersebut, stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan tetap terjaga. Pemerintah dan BI mewaspadai risiko berlanjutnya perlambatan ekonomi domestik, yang perlu direspons secara tepat dan terukur, di tengah masih lambatnya dan belum berimbangnya pemulihan ekonomi global.

Ke depan, koordinasi kebijakan BI dan Pemerintah akan terus diperkuat guna meningkatkan kembali keyakinan terhadap prospek ekonomi Indonesia. BI dan Pemerintah berkomitmen untuk menempuh bauran kebijakan makroekonomi nasional, sesuai dengan kewenangannya masing-masing. Implementasi  bauran kebijakan tersebut akan dilakukukan secara konsisten, sinergis, tepat waktu dan takaran, serta didukung oleh komunikasi yang terintegrasi dan selaras.(dna/skb)

 

You May Also Like