Pemda Diimbau Siapkan Anggaran Pengawasan Pilkada Serentak

  • Post By editor, 04 Agust 2015 - 12:31:00 wib

MEDAN | DNA - Kementerian Dalam Negeri mengimbau pemerintah daerah segera menyiapkan anggaran pengawasan Pilkada Serentak.

Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Syarifuddin  menegaskan tidak ada alasan pemerintah daerah bahwa uangnya  bisa keluar setelah perubahan APBD 2015, atau setelah APBD induk 2016.

“Mendagri sudah menerbitkan peraturan/mengeluarkan radiogram yang isinya adalah supaya pemda segera menyediakan dana tanpa harus menunggu perubahan APBD,” katanya  seperti dikutif dari laman Infopublik.id.

Dia  mengakui   beberapa daerah belum menerima  dana pengawasan. Hal tersebut disebabkan pemerintah daerah harus menunggu perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

 “Jadi  kalau belanja sifatnya mendesak itu normanya di dalam APBD, dan  boleh tanpa menunggu peraturan daerah tentang APBD atau adanya perubahan APBD,’’ kata Syarifuddin.

Sedangkan Ketua Bawaslu RI Muhammad mengatakan  pihaknya akan segera bertemu dengan Kemdagri  untuk membahas penyelesaian persoalan anggaran. Dia meminta Bawaslu provinsi dan kabupaten/kota tidak tinggal diam. "Jangan karena kendala anggaran, lantas semangat  turun dan koordinasi  lemah,” tandasnya.(dna/inf)

 

You May Also Like