KPK Malaysia 'Bersihkan' Nazib Razak

  • Post By editor, 04 Agust 2015 - 06:49:00 wib

KUALA LUMPUR | DNA - Badan Pencegahan Korupsi Malaysia menyatakan ratusan juta dolar yang mengalir ke rekening bank milik Perdana Menteri Najib Razak adalah sumbangan dari donatur, bukan dari lembaga dana investasi negara yang ia dirikan.

Pernyataan ini secara efektif 'membersihkan' Najib dari tuduhan korupsi yang mengemuka belakangan ini.

Badan itu tidak mengidentifikasi lebih jauh atau memberi rincian mengenai donatur yang mereka maksud atau bagaimana uang tersebut digunakan.

Najib sendiri membantah mengambil uang untuk kepentingan pribadi setelah muncul laporan uang sebesar US$700 juta masuk ke rekening pribadinya dan diduga terkait dengan lembaga investasi negara. Ia menyebut tuduhan itu sabotase politik terhadap dirinya.

Awal Juli lalu, The Wall Street Journal melaporkan adanya uang masuk ke rekening milik Najib dari perusahaan yang terkait dengan lembaga investasi negara, 1MDB.

Najib berada di bawah tekanan besar mengenai 1MDB yang telah berutang sebesar 42 miliar ringgit (sekitar Rp146 triliun). Lembaga ini dibentuk oleh Najib di tahun 2009 untuk mengembangkan industri baru tetapi usaha mereka di bidang energi mengalami kegagalan.

Bulan lalu, Jaksa Agung Abdul Gani Patail memastikan telah menerima dokumen dari penyelidik yang mengaitkan Najib ke dana dari 1MDB.

Dokumen ini bisa memulai langkah tuntutan pidana kepada Najib dan mungkin akan mengakhiri karier politiknya.

'Skenario'

Namun Gani diberhentikan secara tiba-tiba oleh Najib, tiga bulan sebelum waktu pensiunnya. Najib juga memberhentikan wakilnya Muhyiddin Yassin yang kerap mengkritiknya.

Bersama mereka, empat orang menteri juga dicopot dari jabatannya secara tiba-tiba. Namun para pengkritik Najib menyangsikan pernyataan badan antikorupsi ini dan meminta agar mereka mengungkap nama-nama donatur tersebut.

Sebelum pernyataan itu muncul, anggota parlemen partai oposisi sudah menduga bahwa akan ada skenario yang menyebutkan bahwa uang itu datang dari donatur orang kaya di Timur Tengah sehingga bisa menghentikan penyelidikan terhadap uang di rekening bank PM Najib Razak.(dna/bbc)

 

You May Also Like