Haris Kelana Damanik : Siskamling Harus Digalakkan Cegah Tindak Kriminal

  • Post By editor02, 14 Apr 2017 - 14:50:58 wib

MARELAN - Adanya peristiwa tindak kriminal pembunuhan secara sadis dialami sekeluarga di di Jalan Kayu Putih Lingkungan 11 Gang.Benteng Kelurahan Mabar Kecamatan Medan Deli. Minggu (09/04) lalu hingga saat ini menyisakan keprihatinan yang mendalam bahkan otak pelaku utama Andi Lala hingga kini masih buron.

Berkaca dari kejadian yang ada dan tak menginginkan hal yang sama terulang lagi di masyarakat.Ketua PAC Partai Gerindra Medan Marelan Bung Haris Kelana Damanik ST, mengutuk keras pelaku pembunuhan satu keluarga yang terjadi tersebut.

Bung Haris juga mengharapkan agar secepatnya pihak kepolisian segera menangkap pelaku pembunuhnya yang hingga kini masih berkeliaran membuat masyarakat resah.Dari itulah kita perlu mengaktifkan kembali Poskamling di setiap lingkungan masyarakat agar sejumlah tamu yang datang pada malam hari bisa terdeteksi serta dapat mencegah terjadinya tindak kriminal.

Demikian disampaikan Haris Kelana Damanik yang juga selaku ketua LSM.Strategi Kota Medan saat dimintai tanggapannya terkait pembunuhan satu keluarga tersebut,dikediamannya Komplek Perumahan Tut wurihandayani Marelan. Jumat (14/04).

Lebih lanjut Dijelaskan, pentingnya kembali diaktifkan sistem keamanan lingkungan diberbagai lingkungan di wilayah Kota Medan. Karena manfaat dari Siskamling sudah teruji manfaatnya sejak dulu untuk melakukan pengamanan di wilayah lingkungan masing-masing warga.

“Kalau Siskamling itu sangat perlu diaktifkan kembali, harus dengan kebersamaan dan saling menjaga lingkungan masing-masing. Karena untuk kebersamaan warga lingkungan itu sendiri, sehingga perlu dorongan dari berbagai pihak secara tidak mengikat untuk membangun pos siskamling,” jelas Politisi dari partai Gerindra ini.

Kejadian pembunuhan yang menewaskan satu keluarga di Kelurahan Mabar tersebut, tambah Haris Kelana lagi bisa juga dilatar belakangi faktor ekonomi dan dendam. Akibatnya, pelaku dengan gelap mata atau juga diduga sudah berencana melakukan pembunuhan terhadap korban dan seluruh keluarganya.

“Bisa saja faktor ekonomi dan dendam yang mendorong pelaku melakukan pembunuhan tersebut, namun apapun itu namanya, jika warga masyarakat aktif menggalakkan Siskamling, tentunya para pelaku sebelum beraksi akan berfikir panjang untuk melakukan aksinya tersebut, apalagi diketahui lokasi TKP kejadian merupakan padat penduduk. Artinya, disinilah diperlukan peran serta masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan menggalakkan Siskamling seperti dulu lagi,” Jelas Haris.

Secara pribadi dan kelembagaan, saya menyampaikan ucapan belasungkawa (dukacita) yang sedalam-dalamnya kepada para korban pembunuhan, dan kepada keluarga yang ditinggalkan, selalu banyak berdoa kepada Allah SWT, agar secepatnya pihak kepolisian kita dapat secepatnya mengungkap otak pelaku pembunuhan tersebut,”Doa Bung Haris.(Guz/Mrl).

 

You May Also Like