Sergai Gelar Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah

  • Post By editor01, 27 Jul 2015 - 22:00:00 wib

SEI RAMPAH | DNA - Penyelenggaraan pengelolaan BMD yang berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 tahun 2008 tentang perubahan atas PP Nomor 6 tahun 2006 tentang pengelolaan BMD yang diimplementasikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 17 tahun 2007 tentang pedoman teknis pengelolaan BMD harus dilaksanakan berdasarkan azas fungsional, kepastian hukum, transparansi dan keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai serta berbasis akrual.
Demikian disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah M.Si saat membuka Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah yang digelar di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sei Rampah, Senin (27 Juli 2015).

Menurut Bupati Soekirman, pengelolaan BMD berdasarkan Permendagri  Nomor 17 tahun 2007 meliputi 13 (tiga belas) tahapan antara lain  pertama perencanaan, kedua pengadaan, ketiga penerimaan, penyimpanan dan penyaluran, keempat penggunaan, kelima penatahusahaan, keenam pemanfaatan, ketujuh pengamanan dan pemeliharaan, kedelapan penilaian, kesembilan penghapusan, kesepuluh pemindahtanganan, kesebelas pembinaan, pengawasan dan pengendalian, kedua belas pembiayaan dan tiga belas tuntutan ganti rugi.

Sebagaimana visi Kabupaten Sergai mewujudkan Kabupaten terbaik dengan masyarakat yang pancasilais, religius, modern, kompetitif dan berwawasan  lingkungan  salah satunya adalah terciptanya pengelolaan barang yang dituangkan dalam penyusunan BMD sehingga menghasilkan daftar aset tetap yang akuntabilitas, demikian disampaikan Sekda.

Pada kesempatan yang sama Kadis PPKA H. Gustian  SE, MM,Ak, CA selaku Ketua Panitia kegiatan mengatakan kegiatan yang diadakan selama 3 (tiga) hari mulai 27-29 Agustus bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta  sekaligus untuk menambah wawasan dalam menyusun laporan barang semesteran dan .

Hasil yang diharapkan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang pengelolaan BMD, meningkatnya kemampuan dan keterampilan peserta, tersusunnya laporan barang akhir tahun di lingkungan SKPD serta tercapainya laporan aset tetap dilingkungan SKPD Pemkab Sergai, kata H. Gustian.

Turut hadir pada kegiatan Bimtek, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman diwakili Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, Asisten Administrasi Umum H. Rapotan Siregar, SH. M.AP, Kadis PPKA H. Gustian  SE, MM,Ak, CA, Kabid Aset Drs. Asrul Rasimin, MM, Perwakilan BPK Provsu Jaya Rahmat, SE, Ani Sembiring, Ramon dan Boyman.(nov|sb)

 

You May Also Like