Satpol PP Ratakan Lapak Pedagang Belakang Gedung PN Medan

0
82

Medan – Seratusan personil Satuan Polisi Pamong Praja Kota Medan dengan peralatan lengkap meratakan lapak para penjual makanan dan minuman yang berada di Jalan Candi Prambanan, Selasa (13/02).

Kedatangan ratusan personil Satpol PP Medan ini membuat para pedagang histeris tak kuasa melihat lapak dagangan mereka yang digelar sudah puluhan tahun tersebut dibongkar oleh petugas Satpol PP Medan.

Sejumlah pedagang menyampaikan protesnya akan tetapi petugas tetap melakukan pembongkaran. “Duh, mau kemana lagi dagang, kalau memang ini lapak liar kok bisa pasang instalasi listrik disini,”ucap Sari dengan nada sendu.

Senada dengan Bobby menyampaikan pembongkaran ini ada keganjilan apakah ada hubungan dengan pedagang yang berada dilingkungan Pengadilan?, nah kalau alasan kemacatan arus lalulintas tidak menjadi masalah sebab ini merupakan jalan alternatif.

Namun kalau ini masalah persaingan usaha, kita bersama teman-teman lainnya akan melakukan demo dan protes ama Ketua Pengadilan Negeri Medan atas penggusuran tersebut.

Sementara Sekretaris Satpol PP Medan, Rakhmat Adi Syahputra Harahap, ketika ditemui disela-sela operasi pembersihan lapak pedagang mengatakan, bahwa para pedagang sudah di ultimatum sebanyak tiga kali.

Rakhmat juga menuturkan pengusuran ini atas perintah dari Ketua Pengadilan Negeri Medan yang diteruskan ke Pemko Medan, Satpol PP dan Pemerintah Kecamatan Medan Petisah.

Adapun isi permintaan bahwa keberadaan pedagang sangat menganggu arus lalulintas terutama manuver kenderaan tahanan dari Kejari Medan, Kejatisu serta lokasi parkir bagi pengunjung sidang.

Selain itu, Rakhmat juga menyebutkan karena ini dulu jalan dan tidak ada pedagang, maka pihak Pemko Medan menyetujui permintaan penggusuran pedagang oleh pihak pengadilan.

Dari pantauan wartawan, para pedagang nampak kebinggungan atas penggusuran tersebut.

Terlebih para pedagang tersebut, ada yang berjualan 24 jam, sehingga mereka memasang listrik untuk penerangan.(dnalams)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here