Gubsu Letakkan Batu Pertama Pembangunan RSUD Ibu Dan Anak Panyabungan

0
86

Mandailing Natal,- Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi didampingi Bupati Mandaling Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Ibu dan Anak Daerah Penyabungan dengan konsep Green (Hijau), di Kompleks Bukit Payalotung Panyabungan, Madina, Sabtu (10/2/2018).

Hadir juga pada peletakan batu pertama itu, Wakil Bupati Jakfar Sukhairi Nasution, Ketua DPRD Madina Hj Lelli Hartati, Ketua PKK Provsu Evi Diana Sitorus dan jajaran, Kepala RS Umum Daerah Penyabungan Drg Bidadari MM serta sejumlah tokoh agama dan SKPD se Madina, juga turut serta kepala SKPD Provsu, ulama dan tokoh masyarakat setempat serta undangan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Tengku Erry menyebutkan, keberadaan rumah sakit salah satu fasilitas pelayanan kesehatan merupakan bagian dari sumber daya kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung upaya pembangunan kesehatan.

‘’Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang  menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna,’’ sebut Erry.

Pemerintah bertanggungjawab untuk menyediakan rumah sakit berdasarkan kebutuhan masyarakat serta membina dan mengawasi rumah sakit berdasarkan kebutuhan masyarakat serta membina dan mengawasi penyelenggaranya.

Kendati demikian, rumah sakit saat ini menghadapi berbagai tantangan antara lain penerapan jaminan kesehatan nasional, globalisasi, keterbukaan arus informasi, penggunaan teknologi kedokteran mutakhir, kompetisi rumah sakit. ‘’Tuntutan masyarakat akan pelayanan bermutu memerlukan penyelenggaraan rumah sakit secara efektif dan efesiensi,’’ tandas Erry.

Sementara Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution mengatakan RSUD Ibu dan Anak Penyabungan berada luas 3.402 meter persegi dengan pendanaannya dari APBD Tahun Anggaran 2018 , diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp36 milliar.

Rumah sakit yang berada di perbukitan ini memiliki konsep Green berlantai tiga  ini nantinya sebagian areal akan dijadikan taman kota. ‘’Tujuan dibuat taman kota agar pasien dan keluarganya menjadi tenang dan cepat pulih,’’ jelas Dahlan.

Selain melakukan peletakan batu pertama pembangunan, Gubsu juga menyerahkan 100 unit sepeda motor untuk Kepala Desa dan 7.700 baju dinas (seragam) lapangan untuk PKK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here