14 Unit Kapal Trawl Dimusnahkan

0
163

Tanjung Beringin, – Sebanyak 14 unit kapal pukat Trawl dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Serdang Bedagai (Kejari Sergai), Senin (12/02/2018) di Dermaga Satpol Air Polres Sergai di Desa Tebingtinggi Kecamatan Tanjung Beringin.

Kapal pukat trawl yang dimusnahkan merupakan barang bukti yang telah diproses hingga vonis di pengadilan hasil tangkapan Satpol Air Polres Sergai.

“Pemusnahan barang bukti yang dilakukan sekarang tidak ditenggelamkan, tetapi dengan cara dibakar. Ini menunjukkan kepada nelayan bahwa kita konsisten dalam menegakkan hukum khususnya pelanggaran hukum laut,” kata Kajari Sergai Jabal Nur disela eksekusi.

Menurut Kajari dari 14 kapal pukat trawl yang dijatuhi vonis kapten atau nakhodanya berasal dari luar Sergai dan dijerat dengan UU RI Nomor 45 Tahun 2009 Tentang Perikanan.

Sementara itu, Kapolres Sergai AKBP Nicolas Ary Lilipaly S.I.K,M.H,M.Si mengatakan Satuan Polisi Perairan Polres Sergai sangat konsisten dalam pemberantasan pukat trawl atau cantrang yang melanggar UU ataupun peraturan.

“Para pelaku pelanggaran hukum kelautan atau pukat trawl umumnya adalah mayarakat  luar Kabupaten Serdang Bedagai. Ada kemungkinan karena tindakan tegas petugas terhadap para pelaku sehingga tindakan pelanggaran berkurang di Sergai”, ucap Kapolres.

Pemusnahan dilakukan secara bersama oleh Kajari, Kapolres dan Assiten I dengan cara membakar kapal pukat trawl.

Turut hadir menyaksikan pemusnahan kapal tersebut, Asisten I Drs Ramses Tambunan, Kadiskanla Sergai Sri Wahyuni Pancasilawati MSi, dan unsur Muspika Kecamatan Tanjung Beringin.(dna/sb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here