Sekda Ajak Perangkat Daerah Dukung Pengintegrasian Data Menuju Medan Smart City

0
65

Medan,-Pengintegrasian data harus didasari atas komitmen dan keinginan bersama sehingga dapat saling mengisi demi kemajuan Kota Medan. Hal tersebut disampaikan Sekda Kota Medan, Ir. Syaiful Bahri saat memimpin Rapat Pengintegrasian Data Organisasi Perangkat Daerah dan Pengisian Kuesioner Gerakan 100 Smart City, di Kantor Wali Kota Medan, Jumat (9/2).

“Kita harus punya komitmen untuk melakukan pengintegrasian data ini, tujuannya agar Pemko Medan memiliki satu sistem data yang saling terintegrasi,” kata Sekda.

Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam memproleh informasi tentang Kota Medan dan mampu menjadikan Kota Medan sebagai Kota Smart City.

Informasi Teknologi yang terus berkembang saat ini harus kita manfaatkan untuk kemudahan mengakses segala informasi terkait pelayanan publik, terutama dalam menghindari terjadinya praktek-praktek pungli di lapangan.

“Ayo sama-sama kita dukung program Pemko  ini demi mewujudkan Kota Medan sebagai Kota Smart City yang berkualitas dan berdaya saing tinggi,” himbaunya.

Disamping itu, Sekda meminta Dinas Kominfo sebagai Satker Penggerak Pengintegrasian Data ini mampu menjalankan program tersebut dengan baik. Perangkat daerah lainnya diharapkan mampu mengikuti instruksi yang diarahkan oleh Dinas Kominfo Kota Medan, karena pengintegrasian data ini merupakan arahan langsung dari Walikota Medan Drs. Dzulmi Eldin demi kemajuan Kota Medan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Zain Noval, S.STP, M.AP, dalam paparannya mengatakan integrasi data merupakan proses menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dalam rangka mendukung manajemen informasi dan mendukung pengguna untuk melihat kesatuan data.

Dijelaskannya, keuntungan dari pengintegrasian data ini ialah agar database tidak terganggu, aplikasi tidak terganggu, kerahasiaan dan keamanan terjaga, data tetap terjamin, back up data secara periodik dan berkelanjutan, dan akses data secara up to date.

“Saya berharap, dibulan Maret seluruh data yang kita dari setiap Perangkat Daerah yang dimiliki Pemko Medan sudah dapat terintegrasi,” harap Zain Noval.

Rapat ini turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Renward Parapat, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan Muslim, S.Sos,MSP, dan pimpinan dan perwakilan dari Perangkat Daerah lainnya di Kota Medan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here