KPU Tebing Tinggi Tetapkan 16 Parpol Lulus Verifikasi Faktual

0
130

T. Tinggi, – KPU Tebing Tinggi menetapkan 16 Parpol lulus verifikasi faktual untuk menjadi Calon Parpol peserta Pemilu 2019.

Dari 16 parpol yang lulus 12 merupakan parpol lama peserta pemilu 2014, dan 4 diantaranya parpol baru.

Hasil verifikasi faktual tersebut dituangkan dalam berita acara KPU dalam rapat pleno Kamis (8/2) di RM Bayu Lagon Tebing Tinggi, dipimpin Ketua KPU A.Khair diikuti para komisioner KPU dan sekertris Panwaslih serta pimpinan Parpol.

Ketua KPU, A. Khair mengatakan untuk 12 Parpol lama pada Pemilu 2014 lalu hasil verifikasi fatual semuanya dinyatakan sudah memenuhi syarat dan tambahan 4 Parpol baru yakni Partai Berkarya, Garuda, Perindo dan PSI sehingga yang dinyatakan lulus 16 parpol.

“16 parpol tersebut sudah memenuhi persyaratan dan tinggal menunggu pengumuman dari KPU RI, dan selanjutnya jadwal kerja KPU akan pemetaan Daerah Pemilihan (dapil) periapan pemilihan legeslatif 2019”, ujarnya.

Sementara itu Komisioner KPU Divisi Hukum Bukhori, mengatakan KPU sebelum mengumumkan hasil verifikasi faktual ada 18 Parpol yang mendaftar dan menyerahkan berkas tetapi hasil dari verifikasi faktual hanya 16.

“18 Parpol mendaftar namun 2 Parpol tidak lolos yakni Partai Idaman dan Republik”, ucapnya.(dna/tt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here