Masih Banyak Persoalan di Pasar Marelan, Salman Alfarisi Lakukan Sidak

0
329

Marelan,-Nasib calon pedagang di pasar induk mini Marelan sungguh memprihatinkan.

Pasalnya belum lagi ada dapat lapak /meja dan kios berjualan malah mendaftar sudah dikenai pembayaran DP Sebesar Rp3 Juta bagi lapak ikan dan lapak kios sebesar DP Rp5 juta.

Bahkan saat ini pembangunan meja ikan maupun kios di pasar induk mini Marelan tersebut masih dalam tahap pengerjaan akibat pembangunan pasar yang dikerjakan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan dinilai belum rampung tanpa ada lapak meja maupun kios.

Persoalan baru juga muncul akibat tak profesionalnya kinerja pihak PD Pasar Medan Cabang III yang tak mencantumkan nama-nama calon pedagang yang sudah mendaftar dan sudah diverifikasi petugas mengakibatkan banyak berkas para calon pedagang yang hilang bahkan terkesan dipersulit petugas PD Pasar tersebut.

Beragamnya persoalan yang menimpa masyarakat pedagang tersebut ternyata ditindak lanjuti anggota DPRD Kota Medan Salman Alfarisi dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Medan.

Wakil rakyat yang tak asing lagi kedengarannya di kawasan Medan Utara (Dapil V) tersebut melakukan peninjauan langsung ke lokasi pasar induk mini Marelan pada Rabu siang (24/01/2018).

Dalam kunjungan didampingi Kepala cabang PD.Pasar Medan III tersebut banyak hal mempertanyakan diantaranta soal kesiapan pihak PD.Pasar dalam mengoperasikan pasar nantinya yang diharapkan mampu menampung semua pedagang yang selama ini berjualan dipinggir jalan yang kerap menimbulkan kemacetan lalulintas.

“Kita berharap keberadaan pasar induk mini Marelan ini dapat menampung pedagang kaki lima di kawasan Marelan sehingga tak lagi menimbulkan.kemacetan lalulintas,”harap Salman.

Salman juga mengingatkan masalah pembayaran DP dari pedagang tersebut harus jelas peruntukannya apakah masuk ke kas Pemko Medan atau pengelola pedagang tergabung dalam P3TM sehingga tak menimbulkan temuan praktik Pungli.

Sekretaris Komisi D DPRD Medan tersebut menginginkan agar fasilitas pasar induk mini Marelan ini bisa lebih banyak menampung pedagang dan diharapkan biaya sewa kios ataupun harga kiosnya tak terlalu memberatkan para pedagang nantinya.

Serta fasitas saluran air atau IPAL seharusnya sudah tersedia
Sehingga sewaktu pengoperasian pasar ini nantinya tak menimbulkan permasalahan yang baru ditengah masyarakat.Harapnya.(Guz/Mrl).