FUIB Minta Kasus Dugaan Penistaan Agama Oknum Guru Diproses

0
107

Sei Rampah,- FUIB – Massa Forum Umat Islam Bersatu Kabupaten Serdang Bedagai (FUIB- Sergai) menggelar aksi di Kantor Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai guna menuntut agar Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai (Sergai) segera memproses kasus dugaan penistaan Agama yang telah dilakukan oleh MS selaku oknum guru SMPN Sei Rampah terhadap muridnya pada bulan Agustus 2017 lalu.

Ketua FUIB- Sergai Dedi Irwansyah didampingi Forum Pembela Islam ( FPI) Habib Rangkuti dan Ustad Mahadi selaku Tokoh Agama dalam orasinya di depan Kantor Kejari Sergai , Jumat (12/1/2018) menyampaikan bahwa yang bersangkutan telah dilaporkan secara hukum ke Polres Sergai dengan surat tanda penerimaan laporan No.STPL/183/IX/2017/SU/RES.Sergai, namun hingga saat ini belum juga dilimpahkan ke Pengadilan Negeri, maka dari itu Organisasi Masyarakat Islam yang bergabung di dalam Forum Umat Islam Bersatu (FUIB- Sergai) meminta Kepala Kejari Sergai agar segera melimpahkan perkara Penistaan Agama tersebut ke Pengadilan Negeri .

Karena menurutnya telah hampir 5 (lima) bulan perkara ini masih dirasakan berjalan di tempat, sehingga terkesan bahwa Kejari Sergai tidak mempunyai keberanian secara tegas melakukan penuntutan terhadap  MS sebagaimana  ketentuan pasal 137 UU No.8 tahun tentang Hukum Secara Pidana (KUHAP).

Dedi juga meminta Kajari Sergai, Jabal Nur SH, MH mengeluarkan surat perintah penahanan (SPHAN) terhadap MS sebagaimana ketentuan pasal 25 ayat (1) UU.No.8 tahun 1981 tentang hukum acara Pidana , begitu juga sebagaimana ketentuan pasal 21 ayat (4) huruf (a) UU.NO.8 tahun 1981 untuk melakukan penahanan terhadap MS sesuai hukum berlaku.

Ketua FUIB itu juga mengingatkan Kejari Sergai agar menjalankan tugasnya sebagai instansi hukum di Sergai berjalan dengan profesional, indepeden serta tidak memihak kemanapun dalam kasus tersebut dan harus berpedoman kepada ketentuan Pasal 30 ayat (1) huruf (a) UU No. 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

“Kami dari Ormas – ormas  Islam mengingatkan kepada pihak Kejari Sergai agar tetap Konsisten,  transfaran, dan profesional dalam melaksanakan tugas penuntutan sebagaimana ketentuan pasal 30 ayat (1) huruf (a) UU No.16 tahun 2004 tentang kejaksaan Rebublik Indonesia”, ucapnya.

Dedi berjanji dari Ormas – ormas Islam yang bergabung di dalam FUIB- Sergai akan  mendukung Kejaksaan Sergai dalam melaksanakan tugas penuntutan dan akan mengikuti perkembangan kasus ini sampai ada putusan Hakim yang berkekuatan tetap.

Usai berorasi puluhan massa FUIB- Sergai langsung disambut oleh Kajari Sergai Jabal Nur SH, MH melalui Kasi Pidum CN.Affrizal SH , Kasi Intel Adi Candra SH didampingi Rahmad Sugama Siregar, SH , Agus Adi Atmaja, SH mengajak beberapa perwakilan FUIB- Sergai berdiskusi dengan Kejaksaan Sergai .

Dalam diskusi yang dihadiri beberapa perwakilan, Kajari Sergai Jabal Nur melalui Kasi Pidum Affrizal CN mengatakan akan mempelajari dan mengumpulkan bukti – bukti untuk melakukan penahanan terhadap MS. Sedangkan soal dukungan, pihaknya sangat mengapresiasi dan siap untuk dikawal hingga kasus ini tuntas.

“Kami akan pelajari dulu seraya mencari bukti- bukti untuk melakukan penahanan, dan untuk pengawalan kami siap hingga ke persidangan”, tandasnya. (dna/sb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here