Urus KTP, Warga Dipaksa Mondar-Mandir

0
149

Medan,-Wali Kota Medan, Drs. H.Dzulmi Eldin S.M.Si meninjau Kantor Disduk Capil Jalan Iskandar Muda di hari pertama masuk kerja pasca libur akhir tahun. Di tempat itu Wali Kota menerima keluhan sejumlah masyarakat terkait pengurusan KTP. Selain lama, mereka juga harus mondar-mandir ke kantor camat maupun kantor Disdukcapil akibat tidak adanya informasi yang jelas terkait pengambilan KTP usai pengurusan.

Keluhan warga langsung ditindaklanjuti Wali Kota kepada Kadisdukcapil OK Zulfi. Menurut pengakuan Zulfi, jaringan sering bermasalah sehingga pencetakan e-KTP lama. Dikatakannya, proses pencetakan untuk 1 KTP memakan waktu setengah jam pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Baru pada pukul 17.00 sampai 06.00 WIB, proses pencetakan bisa cepat sehingga mereka pengerjaan dilakukan malam hari.

“Setelah selesai dicetak, e-KTP selanjutnya kami serahkan kepada pihak kecamatan untuk dibagi kepada warganya. Mengenai blangko e-KTP aman dan tidak ada masalah, semula kita terima 60.000 blangko e-KTP hingga kita tersisa 12.000 blangko lagi,” jelas Zulfi.

Selesai mendengar penjelasan Zulfi, Wali Kota minta agar Kadisdukcapil tersebut mencari solusi guna mengatasi jaringan yang sering bermasalah. Sebab, Wali Kota ingin pelayanan e-KTP cepat karena dokumen kependudukan itu sangat penting bagi warga. Di samping itu Wali Kota minta agar pembagian e-KTP yang sudah selesai dicetak secepatkan dikirim ke kecamatan.

“Seberapa yang selesai dicetak langsung dikirim ke kantor camat, jangan tunggu sampai banyak dulu baru dikirim. Saya tidak mau masalah pencetakan e-KTP ini dikeluhkan warga lagi!” pesan Wali Kota.

Sebelum meninggalkan Kantor Disdukcail, Wali Kota juga menyapa sejumlah warga yang tengah melakukan pengurusan di tempat tersebut. Malah Wali Kota sempat menggendong salah seorang anak pasangan suami istri. Setelah menanyakan kedua orang tuanya, ternyata sang anak belum memilik akte kelahiran. “Tolong dibantu pengurusan akte kelahiran anak ini!” kata Wali Kota kepada Kadisdukcapil.

Selanjutnya Wali Kota meninjau Kantor Perpustakaan dan Arsip Kantor Camat Medan Petisah yang berada satu lokasi dengan Kantor Disduk Capil. Terakhir, Wali kota sidak ke Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Jalan AH Nasution serta Kantor Camat Medan Selayang. Dalam peninjauan tersebut, Wali Kota kembali menegaskan agar memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here