Polda Sumut Ungkap Catatan Kinerja Selama 2017

0
279

Medan,-Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw melaksanakan konferensi pers akhir tahun 2017 bersama wartawan Polda Sumut bertempat di Pos Lantas Lapangan Merdeka Medan, Minggu (31/12/17) petang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Agus Andriantp, SH, Irwasda Polda Sumut, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolrestabes Medan beserta seluruh wartawan mitra Polda Sumut.

Kapolda Sumut diawal sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh insan pers selaku mitra kerja Polda Sumut yang selama ini dengan setia mengontrol, dan mengkritisi secara positif kinerja Polda Sumut.

“Terimakasih atas peranan pers Sumut melalui diseminasi informasi yang disampaikan tentang informasi yang perlu diketahui masyarakat terkait hasil kerja Polda Sumut dan Jajaran selama tahun 2017,” ungkap Kapolda Sumut.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut menyampaikan hasil kerja Polda Sumatera Utara selama tahun 2017 antara lain di Bidang Rena terkait hasil pencapaian program Quick Wins, di Bidang Pengawasan terkait pengaduan masyarakat (Dumas) yang mengalami penurunan.

Di Bidang SDM Polri, Polda Sumut telah meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota dengan melakukan rekruitment anggota Polri.

Pemberian penghargaan kepada anggota Polri, kerap dilakukan untuk meningkatkan semangat dan kepercayaan diri bagi anggota Polri yang berprestasi sebanyak 387 orang.

Polda Sumut juga konsisten melalui Bidang Propam untuk memberikan tindakan tegas kepada anggota Polri yang melakukan pelanggaran.

Terhitung sepanjang 2017 jumlah sanksi yang diberikan terkait pelanggaran disiplin menurun sebanyak 540 kasus dibandingkan 842 kasus pada tahun 2016.

“Terkait Bidang Kriminalitas, gangguan Kamtibmas di wilayah Sumut mengalami penurunan dan penyelesaian kasus mengalami peningkatan di tahun 2017 dibandingkan dengan tahun 2016,” ujar Kapolda Sumut.

Sedangkan pengungkapan kasus Narkoba di tahun 2017 turut mengalami peningkatan.
Beberapa Operasi Kepolisian turut dilaksanakan Polda Sumatera Utara seperti Operasi Kancil Toba 2017, Operasi Pekat Toba 2017, Operasi Antik Toba 2017 dan Operasi Zebra 2017.

Di Tahun 2018, beberapa potensi gangguan kamtibmas yang akan dihadapi antara lain meningkatnya kegiatan kelompok radikal, penggunaan media sosial dalam propaganda politik yang menimbulkan hujatan kritik, unjuk rasa maupun konflik horizontal yang dilatarbelakangi SARA, bencana alam, terorisme dan peningkatan kejahatan konvensional.

“Terkait potensi gangguan Kamtibmas yang akan dihadapi, beberapa langkah antisipasi yang akan diambil antara lain membangun kerjasama dengan FKPD dan stake holder, meningkatkan kemampuan professional Polri serta meningkatkan pengamanan giat masyarakat dan objek vital seperti rumah ibadah dan tempat keramaian”, ujar Kapolda Sumut.

Kapolda Sumut turut berterima kasih atas partisipasi dari seluruh pihak terutama rekan-rekan insan pers yang telah membantu membangun persepsi masyarakat yang positif terhadap Polri melalui pemberitaan yang aktual dan berimbang terkait keberhasilan pelaksanaan tugas Polri.

Kapolda Sumut menyampaikan agenda Polda Sumut 2018 untuk tetap tegas dalam penindakan jaringan narkoba internasional dan pelaku pencurian dengan kekerasan yang selama ini meresahkan masyarakat.

Dalam pengamanan Pilkada Serentak 2018 nanti, Polda Sumut akan melakukan kerjasama dengan penyelenggara pilkada dan pihak terkait untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama pelaksanaan pilkada serentak di Sumut nanti.

Kapolda Sumut turut meminta maaf atas segala kekurangan dalam pelaksanaan tugas dan membuka diri menerima kritik dan saran dari masyarakat.

Usai pelaksanaan konferensi pers, kegiatan berlanjut dengan sesi tanya jawab dengan wartawan serta makan malam bersama.(dna/mdn)