Formasi Awan Aneh Hiasi Langit Inggris

    0
    225

    Seorang warga Inggris berhasil memotret sebuah bentuk awan aneh di langit Lincolnshire. Arlene Towriss, membidiknya saat tengah mengemudi bersama suaminya pada hari Selasa (19/12) di Swinhope, dekat Market Rasen.

    Towriss mengatakan setelah mengunggah hasil bidikannya di beberapa situs website ia diberi tahu bahwa bentuk awan itu disebut dengan formasi Kelvin Helmholtz.

    Formasi awan tersebut diambil dari nama para ilmuwan yang mempelajari gejala fisika fenomena tersebut, yaitu Lord Kelvin dan Hermann von Helmholtz.

    Bentuk awan Kelvin Helmholtz atau ‘gelombang awan’ itu disebabkan oleh adanya pergerakan aliran udara yang lebih cepat di atas awan-awan yang bergerak lebih lambat.

    Arlene Towriss mengatakan: “Kami menghentikan mobil kami sejenak, lalu saya melompat keluar dan memotret awan-awan itu sebanyak mungkin, hanya dalam beberapa menit kemudian awan-awan itu hilang – benar-benar hilang.

    “Saya belum pernah mendengarnya dan saya belum pernah melihat awan seperti ini. Saya merasa sangat beruntung bisa memotretnya. Sungguh menakjubkan.”

    Pembawa acara ramalan cuaca BBC,Owain Wyn Evans mengatakan: “Awan-awan seperti itu sangat jarang terlihat. Bentuk seperti itu tercipta ketika terjadi aliran udara yang bergerak cepat di lebih tinggi, di atas tiupan angin yang lebih lambat di bawahnya.”

    Namun Kelvin Helmholtz alias “gelombang awan” bukanlah satu-satunya bentuk awan yang ganjil. Berikut adalah berbagai formasi awan-awan aneh lainnya yang baru-baru ini berhasil dibidik.