Rumah Mewah Berharga Rp.4 Triliun Dibeli Putra Raja Salman ?

    0
    177

    Putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman, ternyata merupakan pembeli misterius sebuah rumah mewah di Prancis, lapor harian New York Times.

    Surat kabar itu menyebutkan serangkaian dokumen berisi pembelian properti pada tahun 2015 menunjukkan bahwa sang pangeran membeli rumah mewah tersebut melalui beberapa perusahaan cangkang yang dia dirikan.

    Rumah mewah, yang terletak dekat Istana Versailles itu, memiliki sebuah gudang penyimpanan anggur, bioskop, kolam ikan koi, dan kolam bawah tanah.Dari luar, Chateau Louis XIV ini nampaknya merupakan istana kuno abad ke-17, dibangun dengan gaya serupa dengan istana terdekatnya di Versailles.

    Namun, kondisinya jauh dari selera lawas. Rumah itu dibangun setelah pengembang Emad Khashoggi menghancurkan sebuah bangunan abad ke-19 yang sebelumnya berdiri di lokasi seluas 23 hektar dan memiliki interior modern. Menurut berbagai laporan, air mancur dan penyejuk udara, serta lampu dan musik di rumah itu dikendalikan oleh telepon pintar.

    Seorang pejabat setempat mengatakan kepada New York Times, “Sebetulnya ide pembangunannya tidak sebagus yang Anda pikirkan.”

    Rumah seharga 275 juta Euro atau sekitar Rp4 triliun itu disebut majalah Forbes sebagai rumah termahal di dunia.Saat terjual pada 2015, jati diri sang pembeli rumah mewah belum diketahui.

    Namun New York Times melaporkan bahwa dokumen-dokumen menunjukkan rumah itu dimiliki oleh perusahaan investasi yang dikelola oleh yayasan pribadi Pangeran Mohammed.Pemerintah Arab Saudi sendiri menolak untuk mengomentari laporan tersebut.

    Juru bicara kedutaan Saudi di Washington menuding wartawan-wartawan New York Timesmembuat “laporan subjektif” dan melayani sebuah “agenda pribadi”.Pada tahun 2015, Pangeran Mohammed dilaporkan membeli sebuah kapal pesiar dari seorang pengusaha Rusia seharga US$590 juta atau sekitar Rp8 triliun.

    Surat kabar New York Times juga melaporkan bahwa ia pembeli setia lukisan Leonardo da Vinci, Salvator Mundi, yang dijual awal tahun ini dengan rekor US$450 juta atau sekitar Rp6 triliun.

    Lukisan ini akan dipajang di Louvre Abu Dhabi yang baru dan meskipun pada awalnya sang pembeli tidak diketahui, dan ada anggapan si pembeli adalah pangeran Saudi yang berbeda, surat kabar tersebut mengatakan bahwa lukisan itu sebenarnya dibeli oleh Pangeran Mohammed.

    Nama Pangeran Mohammed mengemuka di berbagai media internasional dalam beberapa bulan terakhir, seiring dengan upayanya dalam memberantas korupsi dan melawan penyalahgunaan kekuasaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Arab Saudi.

    Ia mengurung puluhan tokoh terkenal Saudi, termasuk sejumlah pangeran, menteri dan miliarder, di hotel bintang lima Ritz-Carlton di Riyadh.