Perda “Sistem Kesehatan Kota Medan” Belum Sepenuhnya Berjalan

0
221

Medan,- Meski sudah disahkan dan dibukukan menjadi lembaran Peraturan Daerah, Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Masyarakat di Kota Medan belum sepenuhnya berjalan dan dilaksanakan dengan baik.

Terbukti, hingga saat ini masih banyak warga Medan yang tidak mendapatkan pelayanan yang baik dari fasilitas kesehatan di Kota Medan seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit (RS). Padahal Perda Sistem Kesehatan Masyrakat sudah sangat jelas mengatur terkait hak dan kewajiban Pemerintah Kota Medan dan Masyarakatnya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Seperti yang diungkapkan warga di Kecamatan Medan Helvetia saat Sosialisasi Perda Kota Medan No. 4 thn 2012 tentang “Sistem Kesehatan Kota Medan” anggota DPRD Medan, H.Rajudin Sagala, S.Pd.I di jalan di Jl. A. Luhur Kel. Dwikora Kec. Medan Helvetia, baru-baru ini.

“Layanan Puskesmas kami minta lebih ditingkatkan. Masyarakat kadang mengeluhkan pelayanan yang diberikan,” ucap Lina warga Medan Helvetia.

Diakuinya, saat ini kondisi warga di Kota Medan mengharapkan fasilitas kesehatan seperti Puskesmas bisa lebih berperan dan maksimal dalam melayani, sehingga masyarakat tidak lagi harus susah payah ke rumah sakit.”Karena pelayanan ke Puskesmas buruk, warga terpaksa mengharapkan Rumah Sakit,” jelasnya.

Sebagian warga, kata ibu paruhbaya ini, mengaku enggan berhubungan ke Puskesmas kecuali minta rujukan. “Difaskes BPJS kan tertera jelas fasilitas kesehatan di Puskesmas, warga malah enggan menggunakannya karena selain pelayanannya buruk, obat yang diberikan juga terkadang tidak sesuai yang diharapkan,” terangnya.

Hal yang sama juga dikatakan, Tuti Warga Tanjunggusta Medan yang mengharapkan Pemko bisa memaksimalkan layanan kesehatan dan memastikan warganya yang tidak mampu mendapatkan jaminan kesehatan seperti BPJS gratis atau KIS.”Juga yang peling penting warga bisa mendapatkan BPJS kesehatan gratis dan KIS sehingga warga bisa lebih tenang,” jelasnya.

Seperti diketahui dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Masyarakat di Kota Medan semuanya mengatur soal sistem kesehatan masyarakat Kota Medan.

“Seperti dalam Bab II pasal 2 bahwa tujuan Perda salah satunya adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang aman, adil, terjangkau dan terbuka bagi masyarakat, kemudian meningkatkan akses masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan,” jelas Rajudin.

Dalam Bab III pasal 3, kata Rajudin bahwa Perda ini meliputi subsistem terkait regulasi kesehatan, pembiayaan kesehatan, sediaan alat farmasi, alat kesehatan dan makanan, juga meliputi manajemen informasi kesehatan dan pemberdayaan.

“Jadi sesuai Perda ini maka sudah jelas apa hak dan kewajiban masyarakat dan pemerintah. Dengan adanya Perda ini sudah seharusnya tidak adalagi permasalahan di lapangan seperti abainya petugas kesehatan dalam melayani masyarakat,” ucapnya.