Walikota Tebing Tinggi Sosialisasi dan Dialog Interaktif Dengan Masyrakat

0
140

T. Tinggi, – Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM menghadiri kegiatan Jum’at Keliling Dalam Rangka Sosialisasi dan Komunikasi Interaktif Pemerintah Kota Tebing Tinggi dengan masyarakat, Jum’at (15/12) bertempat di Kelurahan Tanjung Marulak Hilir Kecamatan Rambutan.

Turut hadir dalam kegiatan ini para OPD se Kota Tebing Tinggi, Camat Rambutan, Lurah Tanjung Marulak Hilir, tokoh agama, tokoh budaya berserta Masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Walikota Tebing Tinggi atas nama Pemerintah Kota Tebing Tinggi memohon maaf karena beberapa waktu lalu kita mengalami musibah banjir. “Banjir tidak bisa kita prediksi karena banjir itu berasal dari hulu sana yang bukan di daerah kita dan itu menunjukkan pesan dari Allah SWT sebesar apapun dan sehebat apapun, kehendak Allah lebih hebat dari pada kita,” jelasnya.

Beliau juga berterima kasih kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Marulak Hilir karena ketaatan untuk membuat E-KTP dan sudah mencapai 99%. Sementara target nasional hanya 96,4%, berarti sudah di atas Nasional tentu ini suatu hal yang baik.

Selanjutnya Walikota mengatakan pentingya kartu identitas anak, secara Nasional KIA ini sudah mencapai 80%. “Saya berharap disini juga harus mencapai seperti itu,” jelasnya.

Walikota menegaskan, kepada Camat dan Lurah mengenai akta jangan lagi dipersulit didalam pembuatannya serta kepada masyarakat yang belum ada harus segera diurus karena sangat penting.

Mengenai BPJS kesehatan, Tebing Tinggi sudah mengcover sebesar 73% dari total keseluruhan penduduk yang ada dan yang 27% diidentifikasikan warga yang mampu, yang pada hakekatnya mampu membayar iuran BPJS secara mandiri yaitu mereka yang bekerja sebagai PNS, TNI dan POLRI.

Lanjutnya tentang pendidikan, saat sekarang ini SMU, SMA dan SMK di bawah provinsi, beliau menyatakan urusan Provinsi lah untuk tingkatan SMU, SMA dan SMK tetapi Pemerintah Kota Tebing Tinggi tidak mau begitu karena mereka anak-anak kita, walaupun urusan sekolah di bawah provinsi namun kita juga tetap melakukan pengawasan.

Saat sekarang ini Pemerintah Kota Tebing Tinggi sudah meluncurkan Sistem Informasi Untuk Masyarakat (siumar). kepada semuanya beliau menjelaskan didalam sistem ini ada namanya e-lapor yang nantinya bila ada hambatan atau gangguan di tempatnya masing-masing bisa langsung mengirimkannya ke e-lapor tersebut melalui SMS atau Facebook dan akan ditangani dengan secepatnya.

“Dengan adanya sistem Informasi ini Walikota berharap semuanya bisa lebih transparan serta lebih baik lagi kedepannya di dalam menangani gangguan dan keluhan dari masyarakat tapi tidak yang bersifat pribadi” ujar beliau.

Terakhir H.Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan bahwa saat sekarang ini yang mengancam kita bukan hanya narkoba tapi juga kemiskinan dan pengangguran yang harus kita perangi dengan memperbanyak program padat karya yang harus kita lakukan.

“Antara lain kita harus menggalakkan urban farming dengan padat karya , ternak ikan, usaha mikro kecil dan menengah serta pelatihan keterampilan untuk penguatan padat karya kita” jelas Walikota.

Kegiatan ini di akhiri dengan penyerahan satu set sound system yang di terima oleh Lurah Tanjung Marulak Hilir, satu set alat olahraga bulu tangkis di terima oleh PKK kelurahan, akta kelahiran kepada M.Haikal dan Aqira, E-KTP kepada Rian, KIA kepada M.Hafiz dan voucer bibit ikan kepada Nofrida yang di serahkan langsung oleh Walikota Tebing Tinggi.(dna/TT)