472 Pejabat Pengawas Pemkab Sergai Ikuti Uji Kompetensi

0
110

Sei Rampah, -Sebanyak 472 orang Pejabat Pengawas di jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengikuti Uji Kompetensi yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari mulai 14 s/d 15 Desember 2017 dengan mendatangkan Narasumber dari Permata Psycho Consultant yang terdiri dari Dra. Khairtati Purnama Nasution, M.Psi, Perys Laili Khodri, SE, M.Si, C.Ht, Dimas Aditya SP, M.Psi, Nurul Hasanah, M.Psi dan Perdin,SP.

Hal ini dikatakan oleh Kepala BKD Drs. Dingin Saragih yang disampaikan melalui Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai Ikhsan, AP kepada wartawan diruang kerjanya komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Jum’at (15/12).

Lebih lanjut, bahwa latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengamanatkan bahwa pengangkatan PNS dalam jabatan harus mempertimbangkan kemampuan teknis, manajerial dan sosial untuk dapat memenuhi kebutuhan data kemampuan kompetensi sebagaimana diamanatkan dalam peraturan tersebut. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilaksanakan uji kompetensi berupa psikotest bagi Pejabat Pengawas dengan mempertimbangkan efektifitas, efisiensi dan kemanfaatan hasil, papar Ikhsan.

Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyediakan data sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan penataan pejabat. Kemudian memberikan gambaran kepada pimpinan terhadap kemampuan dari pejabat pengawas, ujarnya.

Adapun metode pelaksanaan uji kompetensi tersebut lanjut Ikhsan, adalah Tes Psikologi (Psikometri) yang terdiri dari Kecerdasan Umum, Penalaran, Logika Berfikir, Daya Tahan Kerja, Kemampuan Menganalisa, Kemampuan Organisasi, Kepribadian dan Minat Kerja. Sedangkan Observasi meliputi Sikap yang terdiri dari Penampilan, Orientasi Pelayanan dan Pengabdian serta Inisiatif/Gagasan.(dna/sb)