Winger Liverpool ini Jadi Dewa Sepak Bola Mesir

0
172

Liverpool,-Mohamed Salah, winger Liverpool, mengungkapkan sebuah ambisi besar. Dia berhasrat menjadi dewa sepak bola Mesir, yakni pesepak bola yang diingat orang sebagai sosok terbaik di negerinya. Tak hanya itu, dia pun ingin menjadi pesepak bola yang jadi rujukan generasi berikutnya.

Hal itu diungkapkan Salah setelah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika 2017 oleh BBC. “Aku selalu mengikuti jalan hidupku sendiri dan ingin semua orang di Mesir mengikuti jalanku. Aku ingin menjadi pemain terbaik Mesir sepanjang masa,” ungkap dia, Senin (11/12/2017), kepada BBC Sport.

Ambisi itu, kata Salah, menjadi dorongan untuk bekerja keras mewujudkan apa saja. Itu pula yang membuat pemain berumur 25 tahun tersebut mampu bangkit dan kembali bersinar di Inggris meski sempat dicap gagal pada kesempatan pertamanya.

“Sejak tiba di sini (Liverpool), aku bertekad untuk bekerja keras dan menunjukkan permainan sepak bolaku kepada semua orang. Bahkan, sejak terpaksa harus meninggalkan Premier League, aku selalu ingin kembali lagi. Itu sebabnya aku sangat bahagia (atas penghargaan ini),” tambah pemain yang mulai memikat klub-klub teras Eropa saat membela FC Basel tersebut.

Penghargaan Pemain Terbaik Afrika 2017 dari BBC pun tak lantas membuat pemain yang sempat membela Fiorentina itu berpuas diri. Menyamai Mohamed Barakat dan Mohamed Aboutreika yang juga pernah meraih penghargaan tersebut tidaklah cukup. Dia ingin mengulangi hal itu pada tahun depan.

Lagi-lagi, keinginan itu menunjukkan ambisi besar Salah. Sejak digelar BBC pada 1992, baru satu pemain yang bisa meraih gelar Pemain Terbaik Afrika secara beruntun. Dia adalah Augustine “Jay-Jay” Okocha pada 2003 dan 2004. Nwankwo Kanu dan Yaya Toure juga memang dua kali merebut gelar tersebut, tapi tidak secara beruntun.